• 25
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    25
    Shares
040129100_1483458207-rubrik-kolesterol_3-Manfaat-Daun-Sirsak-untuk-Kesehatan

LENSATIMES.com – Manfaat daun sirsak untuk kesehatan mungkin masih jarang diketahui. Kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa bauh sirsak memiliki berbagai macam kandungan yang baik untuk kesehatan. Bahkan, buah sirsak juga dikenal sebagai obat antikanker.

Buah sirsak yang memiliki cita rasa manis dan sedikit asam menyegarkan ini bisa dikonsumsi langsung maupun diolah terlebih dahulu. Sirsak juga dikenal dengan sebutan Durian Belanda. Buah sirsak biasanya berbentuk menyerupai jantung dan berwarna hijau. Dagingnya juga kenyal dan berwarna putih yang kaya akan serat.

10 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan dan Cara Menggunakannya

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan mungkin masih jarang diketahui. Kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa bauh sirsak memiliki berbagai macam kandungan yang baik untuk kesehatan. Bahkan, buah sirsak juga dikenal sebagai obat antikanker.

Buah sirsak yang memiliki cita rasa manis dan sedikit asam menyegarkan ini bisa dikonsumsi langsung maupun diolah terlebih dahulu. Sirsak juga dikenal dengan sebutan Durian Belanda. Buah sirsak biasanya berbentuk menyerupai jantung dan berwarna hijau. Dagingnya juga kenyal dan berwarna putih yang kaya akan serat.

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan dipengaruhi oleh senyawa acetogenin. Acetogenin merupakan kumpulan senyawa aktif yang memiliki sifat membunuh racun di dalam tubuh dengan cara menghambat pertumbuhan ATP (Adenosina trifosfat) yang merupakan sumber energi bagi kanker untuk berkembang.

Namun, terlepas dari semua manfaatnya, mengonsumsi daun sirsak juga memiliki risiko efek samping. Jika daun sirsak dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, risiko munculnya efek samping juga akan lebih tinggi. Oleh karena itu, mengonsumsi daun sirsak atau suplemennya akan lebih baik jika dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

Berikut rangkuman tentang manfaat daun sirsak untuk kesehatan dan cara menggunakannya dari berbagai sumber.

Mengobati Kanker

Manfaat daun sirsak yang pertama yaitu untuk mengatasi kanker. Daun sirsak dikenal dapat menghambat sel kanker lebih cepat dibandingkan dengan pengobatan dengan kemoterapi.

Kandungan acetogenin pada sirsak dapat menyembuhkan pasien pengidap penyakit kanker. Fungsi acetogenin ialah menghambat pertumbuhan sel kanker sekaligus menghambat perkembangan sel tumor yang resisten terhadap obat kemoterapi adriamycin.

Cara menggunakannya yang aman dan alami dapat kamu rasakan dengan meminum air rebusan daun sirsak. Caranya rebus 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelar air mineral. Kemudain rebus dan sisakan hingga 1/2 gelas saja. Agar cepat terasa manfaat daun sirsak, kamu bisa meminumnya setiap pagi.

Mengobati Diabetes

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk mengatasi diabetes. Senyawa yang ada pada daun sirsak sudah terbukti dapat menstabilkan jumlah kadar gula darah pada tubuh manusia dan menjadikannya normal.

Hal ini dikarenakan daun sirsak kaya akan kandungan antioksidan seperti senyawa saponin, bioflavonois dan polifenol. Antioksidan dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas yang mengintai tubuh.

Kamu bisa mengolahnya dengan merebus daun sirsak. Ambil satu gelas kemudian tambahkan sedikit madu.

Mengobati Asam Urat

Tak hanya untuk mengobati diabetes, manfaat daun sirsak juga dapat mengatasi penyakit asam urat. Sama halnya untuk mengobati sel kanker, kandungan acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin, dan asam linoleat pun dimanfaatkan pula untuk mengobati asam urat.

Bagi kamu yang ingin mencoba manfaat daun sirsak untuk atasi diabetes, kamu hanya perlu meminum rebusan daun ini. Caranya pilih 10 daun sirsak yang tua dan rebus dengan 3 gelas. Biarkan hingga sari-sari daun keluar. Kamu bisa meminumnya dalam keadaan hangat maupun dingin.

Mengobati Penyakit Paru-paru

Kandungan pada daun sirsak dapat bermanfaat untuk berbagai penyembuhan, di antaranya penyakit paru-paru. Hal ini karena dalam daun sirsak terdapat kandungan acetogenin yang bermanfaat untuk menghambat perkembangan virus yang menyerang paru-paru. Manfaat daun sirsak dapat mengatasi penyakit paru-paru basah maupun kering.

Caranya ambil 10-15 daun sirsak cuci dan keringkan di bawah matahari. Rebus dengan 3 gelas air mineral. Setelah dingin minum, air rebusan tersebut minum secara rutin sebanyak 3 kali sehari.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan dipengaruhi adanya berbagai kandungan vitamin, mineral, kalsium yang tinggi. Tapi tak hanya itu saja daun ini juga memiliki sifat antiinflamasi hingga antimikroba.

Mengonsumsi teh daun sirsak juga dapat membantu melancarkan dan mencegah terjadinya sembelit, kembung, diare hingga gangguan pencernaan lainnya. Antimikroba yang terkandung dalam daun sirsak juga mampu menyeimbankan mikroflora pada usus.

Menurunkan Kolesterol

Bagi kamu yang memiliki kadar kolesterol tinggi dalam tubuh, harus bisa mengaturnya agar tidak menyebabkan komplikasi penyakit. Kamu bisa mengatasinya dengan daun sirsak. Untuk merasakan manfaat daun sirsak ini kamu bisa meminum air rebusan daun sirsak.

Caranya adalah pilih 10 lembar daun sirsak yang agak tua, dan rebus dengan menggunakan 3 gelas air mineral. Rebus air hingga tersisa setengahnya saja. Kamu bisa meminumnya dalam keaadaan hangat maupun dingin. Minumlah rutin setiap pagi agar dapat merasakan manfaat daun sirsak ini secara cepat.

Mengobati Kista Ovarium

Kista ovarium merupakan kantong yang berisi cairan yang tumbuh pada indung telur atau ovarium wanita. Kista juga tergolong tumor jinak dan dapat berkembang menjadi kanker, karena itulah kamu bisa mengunakan daun sirsak untuk mengobatinya. Untuk mencegah penyakit ini berkembang kamu bisa mengambil manfaat daun sirsak untuk kesehatan.

Sama seperti cara sebelumnya hanya dengan meminum air rebusan daun sirsak sudah dapat merasakan khasiatnya. Rebus 10 lembar daun dengan 3 gelas mineral. Tunggu hingga daun sirsak mengelurakan sari patinya. Minum dalam keadaan dingin atau pun hangat.

Meningkatkan Kesuburan

Manfaat daun sirsak ini juga baik untuk wanita dan kesuburannya. Jika kamu sedang merencanakan kehamilan sebaiknya mengonsumsi ramuan atau jamu dari daun sirsak ini untuk merangsang kehamilan lebih cepat. Daun sirsak juga dapat melancarkan menstruasi bagi wanita, sehingga dengan siklus menstruasi yang lancar akan membuat kehamilan semakin mudah terjadi.

Berikut cara mengolah ramuan dari daun sirsak, pilih 15 daun sirsak yang agak tua, rebus dengan menggunakan 5 gelas. Tunggu hingga mendidih dan air tersisa menjadi 2 gelas. Jika kamu tidak terlalu suka dengan rasanya bisa ditambah dengan gula Jawa atau pun madu secukupnya. Minum secara rutin setiap pagi dan sore hari.

 

Sumber : liputan6.com

Baca Juga

Berita Terbaru

Pilihan Redaksi

Terplih Aklamasi, Mirza Ali Lanjutkan Ketua Koni Tuban 2020-2024

"Mirza Ali Manshur Ketua Umum KONI periode 2020-2024 menyampaikan sambutannya"    LENSATIMES | TUBAN - Komite Olahraga Nasional Indonesia...

Balita 18 Bulan Ditemukan Meninggal Terapung di Dekat Rumah

"Ilustrasi"   LENSATIMES|BOJONEGORO - Bocah Perempuan berusia 18 bulan bernama Erlita Haura Fauza tenggelam di sebuah kubangan dekat rumahnya...

Pilot Helikopter Tempur Wanita Berdarah Iran Jadi Astronot NASA

"Kandidat Astronot NASA Jasmin Moghbeli pada 6 Juni 2017 di Ellington Field - Hangar 276, Tarmac. Kredit: NASA”   LENSATIMES.com - Pilot...

PWI Tuban Hadiri Puncak HPN di Banjarmasin

"SEMANGAT : Anggota PWI Kabupaten Tuban menyempatkan foto bersama usai acara"   LENSATIMES/Tuban - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten...

Jalan Santai Setiajit Disambut Riuh Ribuan Peserta

"Setiajit di atas panggung menyapa ribuan peserta"   LENSATIMES/Tuban - Ribuan warga dari Kecamatan Rengel dan sekitarnya membanjiri acara...

Milenial, Ini 9 Tips Pilih Kampus yang Tepat di Era Globalisasi

LENSAtimes - Mayoritas siswa SMA yang masuk kuliah pertama kali sangat antusias saat mendapat label mahasiswa. Maka banyak hal yang menjadi bahan...

Edarkan Uang Palsu, Anggota Polres Bojonegoro Dipecat Tidak Hormat

"Karena Brigadir Supoyo tidak hadir dalam upacara, Kapolres Bojonegoro, AKBP M. Budi Hendrawan menggunakan foto yang...

Kejar Target Pendapatan 2020, Perhutani Divre Jatim Siap Tancap Gas

"Para pejabat tertinggi di Perhutani Jatim memimpin acara rapat evaluasi kerja 2019 dan FGD"   LENSATIMES/Jember - Guna mendorong kenaikan...

Janjikan Menjadi Anggota Polri, Dua Perempuan Diborgol Reskrim Bojonegoro

"Kapolres Bojonegoro AKBP M.  Budi Hendrawan dalam konferensi pers, Rabu 08 Januari 2020"   LENSATIMES/BOJONEGORO – Dua perempuan...

Pelajaran Kartu Prakerja, Mulai dari Memancing Hingga Dakwah

“Warga mengisi formulir pendaftaran Kartu Pra Kerja secara daring di Kampung Pasir Babakan, Lebak, Banten, Selasa, 14 April 2020....

Tanpa Identitas, Mayat Mrs X Terapung di Bengawan Solo Bojonegoro

"Tim Gabungan BPBD Kabupaten Bojonegoro, tim SAR Kompi 3 Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jatim dan tim Polres Bojonegoro setelah berupaya keras...

10 Atlet Terkaya di Awal 2020, dari Messi sampai Alvarez

"Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo duduk bersebelahan saat drawing Liga Champions di Monako, Kamis, 29 Agustus 2019....

Bocoran Jumlah Soal Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2019

"Peserta tes seleksi CPNS Kemenkumham saat menjawab soal dengan sistem CAT di gedung BKN, Jakarta, Senin (11/9). Pada 2017, tercatat 1.116.138...

Ratusan Pelajar Bersama Rimbawan Tanam Ribuan Pohon Kehutanan

"Siswa - siswi SMAN 2 Tuban mendapat pemaparan dulu sebelum menanam ribuan pohon di kawasan hutan RPH Ngindahan, Montong"   LENSATIMES/TUBAN...

Ramadan Ini, Tora Sudiro Belajar Ngaji dengan Anak

"Tora Sudiro [Revi C Rantung/Suara.com]"   LENSAtimes - Aktor sekaligus presenter Tora Sudiro mengaku tengah memiliki rencana untuk meluangkan...

Berita Terbaru

Berita Populer

Fokus

Visitor