• 25
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    25
    Shares
040129100_1483458207-rubrik-kolesterol_3-Manfaat-Daun-Sirsak-untuk-Kesehatan

LENSATIMES.com – Manfaat daun sirsak untuk kesehatan mungkin masih jarang diketahui. Kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa bauh sirsak memiliki berbagai macam kandungan yang baik untuk kesehatan. Bahkan, buah sirsak juga dikenal sebagai obat antikanker.

Buah sirsak yang memiliki cita rasa manis dan sedikit asam menyegarkan ini bisa dikonsumsi langsung maupun diolah terlebih dahulu. Sirsak juga dikenal dengan sebutan Durian Belanda. Buah sirsak biasanya berbentuk menyerupai jantung dan berwarna hijau. Dagingnya juga kenyal dan berwarna putih yang kaya akan serat.

10 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan dan Cara Menggunakannya

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan mungkin masih jarang diketahui. Kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa bauh sirsak memiliki berbagai macam kandungan yang baik untuk kesehatan. Bahkan, buah sirsak juga dikenal sebagai obat antikanker.

Buah sirsak yang memiliki cita rasa manis dan sedikit asam menyegarkan ini bisa dikonsumsi langsung maupun diolah terlebih dahulu. Sirsak juga dikenal dengan sebutan Durian Belanda. Buah sirsak biasanya berbentuk menyerupai jantung dan berwarna hijau. Dagingnya juga kenyal dan berwarna putih yang kaya akan serat.

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan dipengaruhi oleh senyawa acetogenin. Acetogenin merupakan kumpulan senyawa aktif yang memiliki sifat membunuh racun di dalam tubuh dengan cara menghambat pertumbuhan ATP (Adenosina trifosfat) yang merupakan sumber energi bagi kanker untuk berkembang.

Namun, terlepas dari semua manfaatnya, mengonsumsi daun sirsak juga memiliki risiko efek samping. Jika daun sirsak dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, risiko munculnya efek samping juga akan lebih tinggi. Oleh karena itu, mengonsumsi daun sirsak atau suplemennya akan lebih baik jika dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

Berikut rangkuman tentang manfaat daun sirsak untuk kesehatan dan cara menggunakannya dari berbagai sumber.

Mengobati Kanker

Manfaat daun sirsak yang pertama yaitu untuk mengatasi kanker. Daun sirsak dikenal dapat menghambat sel kanker lebih cepat dibandingkan dengan pengobatan dengan kemoterapi.

Kandungan acetogenin pada sirsak dapat menyembuhkan pasien pengidap penyakit kanker. Fungsi acetogenin ialah menghambat pertumbuhan sel kanker sekaligus menghambat perkembangan sel tumor yang resisten terhadap obat kemoterapi adriamycin.

Cara menggunakannya yang aman dan alami dapat kamu rasakan dengan meminum air rebusan daun sirsak. Caranya rebus 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelar air mineral. Kemudain rebus dan sisakan hingga 1/2 gelas saja. Agar cepat terasa manfaat daun sirsak, kamu bisa meminumnya setiap pagi.

Mengobati Diabetes

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk mengatasi diabetes. Senyawa yang ada pada daun sirsak sudah terbukti dapat menstabilkan jumlah kadar gula darah pada tubuh manusia dan menjadikannya normal.

Hal ini dikarenakan daun sirsak kaya akan kandungan antioksidan seperti senyawa saponin, bioflavonois dan polifenol. Antioksidan dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas yang mengintai tubuh.

Kamu bisa mengolahnya dengan merebus daun sirsak. Ambil satu gelas kemudian tambahkan sedikit madu.

Mengobati Asam Urat

Tak hanya untuk mengobati diabetes, manfaat daun sirsak juga dapat mengatasi penyakit asam urat. Sama halnya untuk mengobati sel kanker, kandungan acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin, dan asam linoleat pun dimanfaatkan pula untuk mengobati asam urat.

Bagi kamu yang ingin mencoba manfaat daun sirsak untuk atasi diabetes, kamu hanya perlu meminum rebusan daun ini. Caranya pilih 10 daun sirsak yang tua dan rebus dengan 3 gelas. Biarkan hingga sari-sari daun keluar. Kamu bisa meminumnya dalam keadaan hangat maupun dingin.

Mengobati Penyakit Paru-paru

Kandungan pada daun sirsak dapat bermanfaat untuk berbagai penyembuhan, di antaranya penyakit paru-paru. Hal ini karena dalam daun sirsak terdapat kandungan acetogenin yang bermanfaat untuk menghambat perkembangan virus yang menyerang paru-paru. Manfaat daun sirsak dapat mengatasi penyakit paru-paru basah maupun kering.

Caranya ambil 10-15 daun sirsak cuci dan keringkan di bawah matahari. Rebus dengan 3 gelas air mineral. Setelah dingin minum, air rebusan tersebut minum secara rutin sebanyak 3 kali sehari.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan dipengaruhi adanya berbagai kandungan vitamin, mineral, kalsium yang tinggi. Tapi tak hanya itu saja daun ini juga memiliki sifat antiinflamasi hingga antimikroba.

Mengonsumsi teh daun sirsak juga dapat membantu melancarkan dan mencegah terjadinya sembelit, kembung, diare hingga gangguan pencernaan lainnya. Antimikroba yang terkandung dalam daun sirsak juga mampu menyeimbankan mikroflora pada usus.

Menurunkan Kolesterol

Bagi kamu yang memiliki kadar kolesterol tinggi dalam tubuh, harus bisa mengaturnya agar tidak menyebabkan komplikasi penyakit. Kamu bisa mengatasinya dengan daun sirsak. Untuk merasakan manfaat daun sirsak ini kamu bisa meminum air rebusan daun sirsak.

Caranya adalah pilih 10 lembar daun sirsak yang agak tua, dan rebus dengan menggunakan 3 gelas air mineral. Rebus air hingga tersisa setengahnya saja. Kamu bisa meminumnya dalam keaadaan hangat maupun dingin. Minumlah rutin setiap pagi agar dapat merasakan manfaat daun sirsak ini secara cepat.

Mengobati Kista Ovarium

Kista ovarium merupakan kantong yang berisi cairan yang tumbuh pada indung telur atau ovarium wanita. Kista juga tergolong tumor jinak dan dapat berkembang menjadi kanker, karena itulah kamu bisa mengunakan daun sirsak untuk mengobatinya. Untuk mencegah penyakit ini berkembang kamu bisa mengambil manfaat daun sirsak untuk kesehatan.

Sama seperti cara sebelumnya hanya dengan meminum air rebusan daun sirsak sudah dapat merasakan khasiatnya. Rebus 10 lembar daun dengan 3 gelas mineral. Tunggu hingga daun sirsak mengelurakan sari patinya. Minum dalam keadaan dingin atau pun hangat.

Meningkatkan Kesuburan

Manfaat daun sirsak ini juga baik untuk wanita dan kesuburannya. Jika kamu sedang merencanakan kehamilan sebaiknya mengonsumsi ramuan atau jamu dari daun sirsak ini untuk merangsang kehamilan lebih cepat. Daun sirsak juga dapat melancarkan menstruasi bagi wanita, sehingga dengan siklus menstruasi yang lancar akan membuat kehamilan semakin mudah terjadi.

Berikut cara mengolah ramuan dari daun sirsak, pilih 15 daun sirsak yang agak tua, rebus dengan menggunakan 5 gelas. Tunggu hingga mendidih dan air tersisa menjadi 2 gelas. Jika kamu tidak terlalu suka dengan rasanya bisa ditambah dengan gula Jawa atau pun madu secukupnya. Minum secara rutin setiap pagi dan sore hari.

 

Sumber : liputan6.com

Baca Juga

Berita Terbaru

Pilihan Redaksi

Kejar Target Pendapatan 2020, Perhutani Divre Jatim Siap Tancap Gas

"Para pejabat tertinggi di Perhutani Jatim memimpin acara rapat evaluasi kerja 2019 dan FGD"   LENSATIMES/Jember - Guna mendorong kenaikan...

Edarkan Uang Palsu, Anggota Polres Bojonegoro Dipecat Tidak Hormat

"Karena Brigadir Supoyo tidak hadir dalam upacara, Kapolres Bojonegoro, AKBP M. Budi Hendrawan menggunakan foto yang...

HPN : Jurnalis Tuban Cek Kesehatan

"Wartawan koran harian bangsa Suwandi saat diperiksa darahnya"   LENSATIMES/Tuban – Sebanyak 42 wartawan di Kabupaten Tuban ikuti Medical...

Siswarno Kalapas Baru Tuban Tekankan Program Inovatif

"Menjaga Sinergitas, Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono memberikan cinderamata sebagai ucapan selamat kepada Kalapas baru Kelas IIB Tuban...

Puting Beliung di Langit Kenduruan Ambrukkan Dua Rumah

"Rumah yang berbahan kayu ambruk karena tak kuat menahan beban kencang angin"   LENSATIMES/TUBAN – Dua rumah di Kecamatan Kenduruan ambruk...

Kapolres Tuban Cek Kesiapan Perlengkapan di Posko Tanggap Bencana  

"Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono bersama Kalaksa BPBD Tuban Yudi Irwanto didampingi Forpimcam Rengel usai menyisir sungai bengawan solo...

Beda Helikopter Presiden Jokowi dan Trump: EC-725 AP vs VH-92A

"Helikopter Presiden Jokowi (EC-725 AP) dan Trump (VH-92A). Kredit: National Interest/Presidenri"   LENSATIMES.com - Presiden Joko Widodo atau...

Manggung Bareng, Rhoma Irama Hadiahi Iwan Fals Gitar

"Iwan Fals berkolaborasi dengan Rhoma Irama di Hut 25 Indosiar. Twitter.com"   LENSATIMES.com - Iwan Fals mendapat hadiah spesial dari Rhoma...

BI : Kinerja Industri Pengolahan Triwulan II 2020 Turun

"Logo atau ilustrasi Bank Indonesia. TEMPO/Imam Sukamto"   LENSAtimes/JAKARTA - Kinerja sektor industri pengolahan pada triwulan II-2020...

Powerslaves Gandeng Natalie Zenn Jelang Rilis Ulang Hanya Kamu  

"Powerslaves - instagram"   LENSATIMES.com - Powerslaves berencana merilis album terbaru mereka, The Best Powerslaves. Band asal Semarang...

Setelah OTT Wahyu Setiawan: Operasi Ambyar di Kampus Polisi

“Komisioner Komisi Pemilihan Umum RI, Wahyu Setiawan, resmi memakai rompi tahanan seusai menjalani pemeriksaan pasca terjaring Operasi Tangkap...

2019, Serapan Anggaran Kementerian Koperasi dan UKM 94 Persen

"Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, memberikan penghargaan pada wakil Lembaga Pengelola Hutan Nagari Taram yang disaksikan...

Sindir Kasus KPU, Koalisi Masyarakat Beri Obat Mencret ke KPK

"Ray Rangkuti. TEMPO/ Yosep Arkian"   LENSATIMES.com - Kelompok yang menamakan diri Koalisi Masyarakat Madani Antikorupsi memberikan obat...

Tolak Kenaikan Iuran Kelas III BPJS Kesehatan, Begini Saran DPR

“Dirut BPJS Kesehatan Fahmid Idris bersama Dirut RS Jantung Harapan Kita Iwan Dakota serta Petugas Penanganan Pengaduan Peserta Rumah Sakit (P3RS)...

Janjikan Menjadi Anggota Polri, Dua Perempuan Diborgol Reskrim Bojonegoro

"Kapolres Bojonegoro AKBP M.  Budi Hendrawan dalam konferensi pers, Rabu 08 Januari 2020"   LENSATIMES/BOJONEGORO – Dua perempuan...

Berita Terbaru

Berita Populer

Fokus

Visitor